Home / INFORMASI TERBARU / SOSIALISASI DAN REKRUTMEN RELAWAN PENGAWAS PEMILI TAHUN 2019 Oleh PANITIA PANWAS Kec . Malifut

SOSIALISASI DAN REKRUTMEN RELAWAN PENGAWAS PEMILI TAHUN 2019 Oleh PANITIA PANWAS Kec . Malifut

BAGIKAN INFORMASI

POLSEK MALIFUT, POLRES HALMAHERA UTARA – Senin tanggal 24 september 2018 pukul 14.00 wit bertempat di ruang aula SMA NEGERI 4 Halut telah dilaksanakan kegiatan tentang SOSIALISASI DAN REKRUTMEN RELAWAN PENGAWAS PEMILI TAHUN 2019 oleh PANITIA PENGAWAS PEMILIHAN UMUM ( PANWAS ) Kec . Malifut Kab. Halut

Yang di hadiri oleh Camat Malifut di wakili oleh Bapak IRAWAN MAHMUD, Kapolsek Malifut yang di wakili oleh KAPOLSUBSEKTOR Kao Teluk IPDA COLOMBUS GUDURU, Ketua Panwas Kec Malifut yang di wakili oleh Bapak SUKITMAN ASGAR, dan para relawan yang berjumlah kurang lebih 35 orang.

Sambutan yang mewakili Camat Malifut Bapak IRAWAN MAHMUD saat ini sudah di umumkan calon presiden dan legislatif, kita juga harus bentuk relawan untuk mengawal demokrasi agar berjalan dengan adil dan bermartabat, sudah di tetapkan jadwal kampanye jadi Bapak dan Ibu jangan kaget bila ada yang posting caleg di sosmed, tanggung jawab ini mari kita jaga bersama demi kelancaran pemilu di tahun ini.

Camat malifut selaku pemerintah kecamatan mengajak kepada seluruh para relawan sekalian barangkali dengan momen pemilihan umum dari pusat sampai ke daerah, mari kita jaga sehinggah tidak menimbulkan konflik mari kita menjadi sumber solusi jangan menjadi sumber masalah sehingga merugikan kita semua mari kita buktikan kepada masyarakat bahwa di daerah kita pemilihan akan aman dan menumbuhkan pemimpin yang amanah.

Pada pukul 15.00 wit di lanjutkan penyampain materi oleh Seksi pemerintahan Kec. Malifut Bapak IRAWAN MAHMUD sebagaimana yang di atur dalam UUD 63 Tahun 2008 bahwa Kec. Salifut berbatasan dengan wilayah Halmahera Barat bagaimana terwujudnya pemilu yang aman dan damai sehingga keadaan pemilu ini bisa harmonis adapun jika ada masalah mari kita selesaikan bersama” Ucap IRAWAN MAHMUD

Sesuai dengan visi-misi kabupaten membangun sarana dan prasarana kabupaten jikapun ada fanatik yang berlebihan mari kita saling mngingatkan untuk keamanan kita bersama. Mendorong saling percaya diri untuk saling melindungi jikalu ada yang terjalimi mari kita saling mengingatkan sehinggah awalnya ada masalah bisa di selesaikan dengan baik. Tugas pokok kami di Kecamatan membantu bupati untuk melaksanakn tugas yang ada di sekitar kecamatan fungsi lain memantau tugas dan menyusun laporan kepada tingkat atas.

Stabilitas keamanan nasiaonal dan pemilu menjadi bagian dari tugas dari pemerintah kecamatan yang ada di Kec. Malifut adapun sosialisasi di tingkat desa dan kecamatan tentang pemilu.

KAPOLSUBSEKTOR KAO TELUK IPDA COLOMBUS GODURU mengatakan peran pihak keamanan agar pemilihan kali ini berjalan dengan aman dan damai. Disini peran polri yaitu ada tiga di antaranya:
– melakukan pengamanan terhadap kegiatan pemilu
– melakukan penyelidikan terhadap tindak pidana pemilu
– Melakukan tugas lain tentang pemilu

“Namun kami tetap berpacu terhadap UU no 2 thun 2002 Polri tidak bisa memilih maupun di pilih terkecuali mengundurkan diri atau pensiun kami dari polri mengajak mari kita sama-sama menjaga ketentraman ini sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan agar tidak merusak. Mari kita sama-sama memerangi yang namanya ISU SARA maupun HOAX.”

Adapun ketika menemukan kejanggalan terhadap pemilu agar segera di laporkan kepada panwas nanti dari panwas meneruskan ke polri. Polri tidak terlibat politik praktis dan kami tetap terpacu pada UU nomor 2 Tahun 2002.

Yang mewakili Ketua Panwas Kec. Malifut Bapak SUKITMAN ASGAR kita belum mendapat petunjuk dari kabupaten namun kita akan buat yang namanya pengawas TPS untuk mengawas petugas yang ada di TPS untuk menyukseskan pemilu yang ada. Jika ada masyarkat yang bicara lebih tentang politik kita sebagai panwas tegur ada pun jika ada keluarga kita yang bertugas di ASN atau sebagainya yang berhubungan dengan PNS agar saling ingatkan.” Ucap SUKITMAN ASGAR

Tugas relawan itu sebagai informasi atau pemberi informasi tentang pemilu, yang di maksud dengan informen di sini yaitu melihat langsung dengar langsung dan berada di TKP langsung.

Pada pukul 16.00 wit dari Bawaslu kabupaten devisi penindakan Bapak IKSAN HAMIRU S. AP Penyampaian Bapak IKSAN HAMIRU S.AP mungkin banyak yang sudah di sampaikan dari pihak Kepolisian tentang pengamanan dalam pemilu, peran pemerintah terhadap pemilu oleh yang mewakili Bapak Camat Malifut serta peran dan tugas relawan sudah di sampaikan oleh ketua panwas.

Relawan tidak boleh menjadi tim sukses atau terlibat dalam partai politik dan membantu panwas dalam mengawal pemilu ini baik pemilihan Pilpres maupun legislatif jadi fungsi pengawas bukan hanya melekat pada bawaslu akan tetapi melekat juga pada masyarakat dalam hal ini bapak/ibu sekali kenapa pemilu harus di awasi karena pemilu banyak terjadi pelanggaran oleh karena itu bapak/ibu di rekrut sebagai relawan untuk membantu mengawal pemilu kali ini.

About Stenly Polres Halut

Check Also

Pertemuan Danki Brimob Kupa-kupa terkait hiba tanah untuk mako Brimob

BAGIKAN INFORMASITweetPOLSEK MALIFUT, POLRES HALMAHERA UTARA – Selasa (04/12/2018) pUkUl 09.35 Wit bertempat di Aula …