Home / BERITA SATUAN BAG OPS / Satuan Sabhara Polres Halut Laksanakan Pengamanan Unjuk Rasa Oleh Serikat Petani Galela

Satuan Sabhara Polres Halut Laksanakan Pengamanan Unjuk Rasa Oleh Serikat Petani Galela

BAGIKAN INFORMASI

POLRES HALMAHERA UTARA – Rabu tanggal 19 September 2018 pukul 10.20 wit , Bertempat Di Kantor Badan Pertahanan Nasional telah berlangsung aksi unjuk rasa oleh serikat petani Galela terkait dengan Problematika Institusi Hukum Terhadap Masyarakat Petani Galela dan Sengketa Agraria. Rencana isi penyampaian orasi terkait issue ” Penegakan Hukum Yang Tidak Memihak Kepada Kaum Tani Serta Masalah Sengketa Agraria.”

Masa Aksi mengunakan 1 (satu) Unit Pick up di lengakpi Sound sistem, bendra merah putih, bendera organisasi , GMNI , GAMHAS , LMND , SERIKAT PETANI GALELA, jumlah kendaraan R4 (pick up) 9 Unit dan R2 (Ranmor) 10 unit dan selebaran propoganda.

Route aksi yang dilewati yaitu Sekretariat Patani Galela Desa Ngidiho kec. Galela barat, Kantor BPN Tobelo, Kantor pengadilan Negeri tobelo, Polres Halut, Kantor Bupati Kab. Halut.

Kasat sabhara Akp Mirzan Yasin Melaksanakan Koordinasi dengan Asisten I Bapak E.J. Papilaya agar dapat di laksanakan hearing, pihak Pemerintah daerah menerima 10 perwakilan massa aksi untuk di lakukan hearing namun hal tersebut tidak di gubris karena massa aksi bersikras bahwa akan melaksanakan hearing jika dengan bupati atau wakil bupati.

Pukul 15.45 wit Massa Aksi mencoba menerobos masuk kantor bupati hingga meyebabkan pintu masuk kantor bupati halut jatuh dan roboh serta massa aksi mencoba membakar ban bekas di depan kantor bupati.

Kasat sabhara Akp Mirzan “Kami salalu mencoba melakukan Negosiasi agar massa aksi tidak menerobos masuk serta tidak membakar ban bekas namun hal tersebut tidak di indahkan” Jelas Kasat Sabhara Polres Halut

Sehingga anggota satuan sabhara Polres Halut yang melakukan pengamanan mencoba dengan cara negosiasi serta mengambil air untuk memadamkan ban bekas yang di bakar namun massa aksi melakukan perlawanan dengan cara mendorong – dorong personil satuan sabhara serta memukul menggunakan tiang bendera elemen gerakan sehingga memicu terjadinya chaos.

Pukul 16.05 wit, kabag ops polres Halut yang didampingi kasat Intelkam Polres Halut Tiba di depan kantor bupati halut untuk mencegah kericuhan susulan.

Kasi Propam IPDA Nimrod Muman mengatakan “Perlu kami jelaskan bahwa kami yang membidangi Disiplin Personil Polri siap memerima aduan yang akan di sampaikan oleh Bapak-bapak sekalian khususnya menyangkut perbuatan yang di lakukan anggota Personil Polres Halut pada saat di lakukan Pengamanan.” Tutup Kasi Propam Polres Halut

About Stenly Polres Halut

Check Also

Pertemuan Danki Brimob Kupa-kupa terkait hiba tanah untuk mako Brimob

BAGIKAN INFORMASITweetPOLSEK MALIFUT, POLRES HALMAHERA UTARA – Selasa (04/12/2018) pUkUl 09.35 Wit bertempat di Aula …