Home / BERITA SATUAN BAG OPS / Pertemuan Kapolres halut Bersama Perwakilan Serikat Petani Galela (SPG)

Pertemuan Kapolres halut Bersama Perwakilan Serikat Petani Galela (SPG)

BAGIKAN INFORMASI

POLRES HALUT- Audensi antara Perwakilan Serikat petani Galela ( SPG ) kecamatan. Galela (11 orang) dipimpin Sdr. Suwarjono buturu SH ( Kuasa Hukum SPG ) dengan Kapolres Halmaherta utara Akbp Yuyun Arief Kus Handriatmo ,Sik,Msi dalam rangka membahas permasalahan sengketa lahan seluas 800 Ha antara masyarakat desa di kecamatan galela dengan PT. KSO di Ruang vicon Polres Halmahera Utara,sabtu (25/05/2019)

Yang Hadir dalam giat antara lain Kapolres Halut Akbp Yuyun Arief kus Handriatmo Sik, M.Si ,Kabag ops Polres Halut Kompol J. Metariang ,Kasat intelkam Polres Halut Iptu Guruh Bagus Eddy suryana Sik ,Kapolsubsektor Galela Barat Ipda Anwar Sabari SH , Kasie Propam Polres Halut Iptu Nimrod Muman,Bapak Arif Biramasse ( Ketua SPG ) ,Sdr. Suwarjono buturu SH ( Kuasa Hukum SPG ), Perwakilan SPG sejumlah 11 orang.

Dalam penyampaian Bapak Haji Khalik ( tokoh masyarakat desa Ngidiho ) Pihak perusahan juga tau bahwa pada saat kompensasi lahan yang menjadi sengketa saat ini ada kesepakatan yang muncul antara pihak perusahan dimana Pemerintah bersedia memberikan lahan pengganti kepada pihak petani seluas 800 hektare , dalam kurun waktu -+ 19 tahun hingga saat ini tidak ada realisasi tetkait dengan lahan pengganti.

Kami juga telah melakukan pertemuan – pertemuan baik dengan pihak DPRD dan bupati Halut dimana Dalam pertemuan tersebut kami menegaskan jika tidak di realisasi lahan cadangan / pengganti maka kami 10 kepala desa akan Berkomitmen untuk kembali menduduki lahan Yang saat ini menjadi sengketa, Jika kita tarik benang untuk meluruskan masalah ini , inti permasalahannya ada janji pemerintah terkait dengan Lahan pengganti.

Penyampaian Kapolres Halmahera utara Akbp Yuyun Arief Kus Handriatmo Sik M.Si ,Tugas kami hanya mengamankan kami tidak menginterfensi apa yang menjadi perjuangan dari bapak-bapak sekalian.

Saya di sini memberikan gambaran kira – kira jika bapak bapak menang apa yang menjadi tujuan bapak sekalian begitu pula jika bapak bapak kalah apa yang akan bapak bapak perbuat apakah ada win – win solutions yang dapat menyelesaikan hal ini.

Saya berpikir kenapa tidak di prasmarkan bapak – bapak bisa bekerja atau menjual hasil bapak ibu di Perusahan tersebut dan hal yang akan bapak ibu peroleh adalah keuntungan dan keuntungan hal itu yang kita tentunya inginkan sendiri.

Pemerintah sudah memberikan ketegasan bahwa perusahan datang ke suatu daerah adalah mensejahterakat masyarakat serta membantu memajukan daerah tersebut.

Saya tidak ingin bapak bapak sekalian di kambing hitamkan oleh oknum tidak bertanggung jawab , saya tidak rela jika ada oknum yang membangun opini opini untuk menjadikan bapak sekalian sebagai kambing hitam.

Hari ini saya hanya ingin menggali apa yang bapak-bapak sampaikan untuk menjadi bahan untuk kita dapat carikan solusi atas permasalahan ini. kata Kapolres

Bapak Arief Biramasse menyanpaikan isi hati saya bahwa apa yang saya kelola dan keseharian saya habiskan di lahan tersebut saya tetap akan mempertahankan karena itu sudah menjadi dari bagian saya.

Kuasa Hukum SPG Suwarjono buturu SH menyampaian ,Saya juga berupaya agar ada solusi yang tidak merugikan dua pihak , maksud kedatangan bapak bapak kesini adalah Kami akan tetap pada komitmen kami dimana kami tetap akan memperjuangkan karena kami menduduki lahan itu sudah cukup lama.

Apapun yang akan menjadi Putusan pengadilan kami akan tetap bertahan karena kami akan selalu memeprjuangkan agar lahan seluas 800 hektare itu sudah menjadi aktifitas masyarakat petani 10 desa.

Maksud kami Setiap bentuk keputusan agar petani juga memiliki dasar hukum yang jelas agar petani juga memiliki sandaran hukum dan tidak lagi terbelit dengan sengketa lahan.

Kami juga dengan berbesar hati agar win win solution yang kemudian di keluarkan adalah tidak merugikan kedua belah pihak , dan kami juga berkeingin agar bapak yang berkapasitas sebagai kapolres agar dapat mempengaruhi Pengadilan agar memutuskan sengeketa ini seadil adilnya. kata Suwarjono

Penyampaian Kapolres Halmahera utara Akbp Yuyun Arief Kus Handriatmo Sik M.Si Kapasitas saya sebagai kapolres namun Saya awalnya sudah menyampaikan bahwa Saya tidak akan mengintervensi karena bapak ibu pasti punya versi , perusahan juga punya versi , begitu juga dengan pengadilan pasti juga memiliki versi sendiri.

Saya tau bahwa di sini bukan hanya masalah lahan akan tetapi saya juga paham bahwa pasti ini juga menyangkut Hal harga diri dari bapak bapak petani.

Penyampaian Bapak Abdullah ( Petani Desa Limau ) Saya sangat terharu dengan apa yang Bapak Kapolres sampaikan , sayanngnya kehadiran bapak Jauh setelah masalah ini menjadi besar ,kami berkomitmen bahwa apapun keputusan pengadilan kami akan tetap Bertahan di lokasi lahan tersebut.

Saya juga harapkan agar jangan selalu petani yang di tekan tetapi apa yang menjadi kesalahan – Kesalahan pihak perusahan juga perlu di sikapi karena beberapa waktu lalu pihak perusahan melakukan penebangan 30 pohon kelapa milik petani tanpa ada kordinasi dengan pemilik pohon kelapa tersebut itu juga menjadi bagian dari penyerobotan. Alhamdulillah juga karena lahan ini juga kami bisa melahirkan generasi – geneasi sarjana kami ,pada intinya dari hati nurani kami selaku petani 10 Desa bahwa lahan 800 Hektare akan kami pertahankan apapun konsekuensinya.

di akhir pertemuan Kapolres Halmahera utara Akbp Yuyun Arief Kus Handriatmo Sik M.Si menyampaikan terima kasih atas apa yang menjadi penyampaian bapak sekalian semoga ini bisa menjadi bahan untuk saya dapat berkoordinasi dengan pihak terkait untuk dapat melahirkan solusi yang tidak merugikan dua belah pihak. (H1000)

About Hopni saribu Polres Halut

Check Also

Polres Halmahera Utara Bagikan 300 Kupon Daging Kurban

BAGIKAN INFORMASITweetPOLRES HALUT – Kepolisian Resor (Polres) Halmahera Utara membagikan 300 lembar kupon untuk warga …