Home / GIAT POLRES / Penyelundupan narkoba, Polres Halut aman tersangka dan barang bukti

Penyelundupan narkoba, Polres Halut aman tersangka dan barang bukti

BAGIKAN INFORMASI

POLRES HALMAHERA UTARA – Pegawai Lapas Kelas II B, Tobelo Kabupaten Halmahera Utara menggagalkan penyeludupan Narkoba jenis sabu yang dibawa dua pengunjung wanita yang akan diserahkan ke warga binaan.
Dimana, pada pengungkapan tersebut, dua pengunjung wanita berinisial EDA (36) dan‎ TIKA (20) diserahkan ke Satuan Reserse Narkoba Polres Halut untuk diproses. Kedua wanita ini sudah berstatus tersangka.

Pengunjung wanita berinisial EDA ini datang bersama temannya berinisial TIKA. Keduanya berencana mengunjungi suami dari EDA berinisial MIT dan narapidana kasus Narkoba.

Lebih lanjut dijelaskanya, sebelum masuk berkunjung, EDA dan TIKA lebih dulu menjalani pemeriksaan.

“Saat pemeriksaan, petugas menemukan paket diduga narkotika jenis sabu yang dibawah oleh TIKA,” katanya, Selasa (25/09/2018).

Selanjutnya, Ia melaporkan penemuan diduga paket sabu kepada Kalapas Kelas II B dan diteruskan kepada Kasat Reskrim Polres Halut untuk ditindaklanjuti.‎ “Kita sudah berkoordinasi dengan pihak polres Halut terkait penggagalan sabu ini,” terangnya.

Kasat Reserse Polres Halut AKP Ruadi Mangoda, S.H, membenarkan adanya penangkapan dua pengunjung wanita Lapas Kelas II B Tobelo yang diduga melakukan penyelundupan narkotika jenis sabu. “Keduanya sudah kita tetapkan tersangka dan saat ini kita amankan untuk pemeriksan lebih lanjut,” katanya.

Menurutnya, saat Ia menerima informasi tersebut kemudian memerintahkan team Opsnal dipimpin langsung oleh KBO Reskrim mendatangi Lapas karena telah diamankan salah seorang narapidana di Lapas Tobelo setelah menerima informasi tersebut tim langsung bergerak menuju ke Lapas Tobelo.

“Sesampainya di lapas tim langsung menuju ke ruang jenguk dan mendapati MIT telah diamankan oleh petugas lapas beserta tiga paket narkotika jenis sabu – sabu dan uang senilai Rp. 20.000,” jelasnya.

Setelah itu, tambahnya, tim dan anggota lapas kembali melakukan penggeledahan di ruangan tidur dari MIT dan berhasil mengamankan 1 buah korek api gas, kartu Telkomsel, 1 buah gunting.

“Setelah berkordinasi dengan anggota lapas kemudian tim menggiring MIT di Mapolres Halamahera Utara guna untuk di mintai keterangan lebih lanjut,”ujarnya.

Sekitar pukul 18.00 wit, anggota Opsnal dan dua orang anggota Polwan Satreskrim Polres Halut yang dipimpin langsung oleh KBO Reskrim IPDA Aqtuin Moniharapon, S.Trk mengamankan seorang wanita isteri dari MIT, yaitu EDA bersama dengan TIKA, sebab wanita tersebut yang mengantar sabu-sabu kepada MIT yang merupakan suaminya sendiri yang berada dalam lapas kelas IIB Tobelo sebagai nara pidana kasus narkoba jenis sabu-sabu.

Sebelumnya, Jajaran kepolisian dari unit Opsnal Satreskrim Polres Halmahera Utara menangkap tiga pelaku penjual dan pengguna narkoba di wilayah Polres Halmahera Utara.

Pelaku ditangkap di kos-kosan milik Marthen Jou di desa WKO kecamatan Tobelo Tengah, unit Opsnal Satuan Reskrim Polres Halmahera Utara pertama-tama menahan IKH (26), warga desa Gamsungi, kecamatan Tobelo di salah satu kos-kosan di Buaele, desa Gura.

Dari hasil pengembangan, polisi kemudian menangkap dua orang pengguna narkoba jenis sabu yang sedang berada di kos-kosan Marthen Jou di desa WKO, yakni MIT (36) warga desa Gamsungi kecamatan Tobelo dan ICHA, (24) warga dewa WKO kecamatan Tobelo Tengah.

Penangkapan tiga pelaku pengguna narkoba itu atas informasi dari masyarakat pelaku ditangkap sekitar pukul 16.00 wit, Unit Opsnal Sat Reskrim Res Halut menerima info dari masyarakat bahwa akan dilakukan transaksi Narkoba di salah satu kos-kosan.

Dari Informasi tersebut, Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Halut menuju sasaran dan berhasil mengamankan pelaku, IKH, MIT dan ICHA.

Dari hasil pengebrekan tersebut berhasil diamankan satu paket kecil sabu-sabu berat kotor 0,2 Gram, 1 buah bong/ alat hisap sabu, 1 unit HP samsung warna hitam milik pelaku berinisial FB alias Fahmi Bitjoli, satu unit HP Strawbery putih milik IH alias Iksan Hadi dan uang tunai sebesar Rp1.250.000 serta satu unit Sepeda Motor Kawasaki.

About Stenly Polres Halut

Check Also

Pertemuan Danki Brimob Kupa-kupa terkait hiba tanah untuk mako Brimob

BAGIKAN INFORMASITweetPOLSEK MALIFUT, POLRES HALMAHERA UTARA – Selasa (04/12/2018) pUkUl 09.35 Wit bertempat di Aula …