Home / BERITA SATUAN BAG OPS / Kapolres Halut Memimpin Pengamanan Unjuk Rasa Dilingkar tambang PT. NHM

Kapolres Halut Memimpin Pengamanan Unjuk Rasa Dilingkar tambang PT. NHM

BAGIKAN INFORMASI

POLRES HALUT – Forum Kesatuan Aksi Kepala Desa Lingkar Tambang (KAKDLT) Kec. Malifut, Kao, Kao Barat, Kao Utara dan Kao Teluk telah melaksanakan aksi unjuk rasa , bertempat di depan Front Geat PT. Nusa Halmahera Minerals (PT.NHM) Pada hari Selasa 25/06/2019, pukul 11.35 Wit.

Aksi yang dilakukan oleh forum kesatuan aksi Kepala Desa Lingkar Tambang (KAKDLT) dipimpin langsung oleh saudara Arsad A. Muhammad ( Korlap), Orator aksi Fahri Yamin, Rafit U Basarun.

dalam kegiatan unjuk rasa ada Spanduk yang bertuliskan” PT. NHM stop membodohi atau hentikan produksi di tanah kami, Siap membubuh atau dibunuh”.Jumlah massa diperkirakan 350 orang.

Pada Pukul 04.30 Wit Bertempat di jalan Poros Trans Halut Desa Tahane di lakukan pemboikotan kendaraan angkutan karyawan PT NHM oleh kepala Desa Malifut sehingga karyawan tidak dapat masuk bekerja di PT NHM dan para karyawan kembali ke rumah masing- masing dan di lanjutkan.

Pukul 09.30 Wit Massa aksi dari kesatuan Kades dan perwakilan Masyarakat di lima kecamatan lingkar tambang melakukan mobilisasi massa dengan titik kumpul di depan kantor Camat Malifut.

Penyampaian saudara Fahri Yamin mendesak Pihak SP. PT. NHM untuk segera merealisasikan anggaran PPM sesui dengan kesepakatan pada tanggal 20 Mei 2019, Mendesak SP. PT NHM untuk segera merealisasiakan sisa dari Dana mahasiswa untuk mahasiswa yang belum dapat sampai saat ini, Bahwa aksi kami adalah aksi damai, kami datang kesini untuk menuntut hak kami, yang mana telah di sepakati bersama oleh PT NHM, kami akan pulang kalau rekomendasi harus sudah di keluarkan.

Penyampaian saudara Rafik U Basirun (Kades Tahane) Sesui dengan kesepakatan PT NHM pada bulan April 2019 akan di realisasi namun sampai saat ini belum juga di realisasi, kami datang kesini bukan meminta uang akan kami datang untuk menuntut hak – hak kami dasarnya jelas dalam undang udang, Hari ini kita menyuarakan hak hak kita, kita tidak perlu takut, yang kita takutkan adalah perbuatan pidana, kita telah di tipu oleh pihak PT. NHM, kami samapikan kepada pemerintah Propinsi Maluku utara agar duduk dan realisasi hak – hak masyarakat lingkar tambang .

Penyampaian saudara Yosias Ngato “Kami meminta kepada pihak Deputi PT. NHM untuk menjelaskan/berdiskusi kepada masyarakat lima Kec.lingkartambang tetang realisasi dana PPM Desa yang sampai saat ini masih tertunda dan kita ketahui bahwa pahak SP PT. NHM sudah melakukan kesepakatan masyarakat lima lingkar tambang pada tanggal 20 Maret 2019 yang disaksikan langsung oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupti, Ketua DPRD dan Juga Kapolres Halut ,Masyarakat lingkar tambang tetap akan melaksanakan aksi unjuk rasa sampai dengan memegang rekomendasi pencairan sisa dana sebesar Rp.350.000.000 yang di terimah oleh setiap kepala Desa yang ada di lima Kecamatan lingkar Tambang.

Pada pukul 15.50 Wit, massa aksi kembali menyampaiakan orasi di depan Front Geat PT. Nusa Halmahera ,Penyampaian orasi singkat saudara Rafik U Basirun (Kades Tahane) sebagai berikut ” Kesepakatan kami kepala Desa lingkar tambang bahwa kami tidak akan kembali sebelum adanya putusan adanya realisasi dana, kami meminta pihak Kepolisian akan tetap mengawal pelaksanaan aksi kami sampai dengan selesai , Kami meminta pihak securty yang ada di pintu msuk fornt Gate agar masuk di dalam terkecuali pihak kepolisian, Kalau ada ibu linda didalam PT. NHM,kita lepaskan lehernya namun di dalam tidak ada Ibu linda (ecting manager CSR ) ,Saya meminta kepada massa aksi agar merusak Pintu masuk PT. NHM supaya Gubernur Malut mengetahui bahwa masyarakat lingkar Tambang telah dibohongi oleh PT. NHM.

Pada pukul 16.10 Wit, massa aksi melakukan pembakaran ban bekas di depan fornt Gete PT NHM. dan orasi singkat oleh Kades Gamlaha sebagai berikut” Kami menhimbau kepada pihak PT NHM agar menindak lanjuti persoalan ini ,perlu kami sampaikan kepada pihak kepolisian kami tidak akan melakukan perlawanan akan tetapi kami menyampaikan hak” masyarakat lima lingkar tambang.

Penyampaian orasi saudara Fahri Yamin ” Bahwa pembakaran hari ini merupakan aksi kekecewan masyarakat lima lingkar Tambang dimana tidak adanya kejelasan oleh Pihak PT. NHM , apabila pada hari ini tidak ada kejelasan maka kami akan lanjutkan kembali aksi yang lebih besar sampai ada kejelasan dan pada pukul 17.30 Wit, aksi unras kemudian dihentikan dan dilanjutkan pada besok hari .

Penyampain Kapolres Halut Akbp Yuyun Arief Kus Handiatmo, Sik. Msi “berharap supaya penyampaian asprirasi dan tuntutan tidak dilakukan secara anarkhis dan ditempuh melalui jalur komunikasi dengan pihak perusahaan untuk bisa saling memahami permasalahan yang ada sehingga ada titik temu sebagai solusi yang bisa mengakomodir semua kepentingan terutama kepentingan masy dan pihak perusahaan,(H1000)

About Hopni saribu Polres Halut

Check Also

Polres Halmahera Utara Bagikan 300 Kupon Daging Kurban

BAGIKAN INFORMASITweetPOLRES HALUT – Kepolisian Resor (Polres) Halmahera Utara membagikan 300 lembar kupon untuk warga …