Home / GIAT POLRES / Dialog publik Umat beragama untuk Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk

Dialog publik Umat beragama untuk Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk

BAGIKAN INFORMASI

POLRES HALMAHERA UTARA – Pada hari Senin tanggal 5 Oktober 2018 pukul 21.21 wit, bertempat di Cafe Djarot desa Gamsungi Kec. Tobelo Kab. Halmahera Utara telah dilaksanakan Dialog Publik oleh Pimpinan Daerah Forum Jurnalis Halmahera Utara dan Pemuda Muhammadiyah Kab. Halmahera Utara dengan tema ” Merawat Kerukunan Umat Beragama Untuk Pemilu 2019 Yang Damai di Halmahera Utara.”

Turut Hadir dalam giat Kapolres Halmahera Utara AKBP Yuyun Arief Kus Handriatmo, S.IK,M.Si, Kasat Intelkam Polres Halut IPTU Guruh Bagus Edy Suryana, S.IK, Mewakili Dandim 1508 Tobelo Kasdim 1508 Tobelo, Mayor Inf. Roby Manuel, Ketua FKUB Kab. Halmahera Utara Syamsul Bahri Umar, S.Ag, Komisioner Bawaslu Kab. Halmahera Utara Ahmad Idris, SE, Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Maluku Utara Rahmat Sahlan, Ketua HMI Kab. Halut Muzamin Fadel, Anggota Forum Jurnalis Halmahera Utara dan Peserta Dialog sebanyak 20 orang yang terdiri dari beberapa OKP di Kab. Halut ( GMNI dan HMI ).

Rahmat Sahlan Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Maluku Utara mengucapkan “Alhamdulillah puji syukur pada malam hari ini kita dapat berkumpul disini untuk mengikuti giat Dialog ini dan terima kasih kepada narasumber yang sudah hadir pada kesempatan ini.”

Kapolres Halmahera Utara AKBP Yuyun Arief Kus Handriatmo, S.IK,M.Si,mengatakan “Pertama – tama atas nama pimpinan saya berterima kasih karena dapat bersilaturahmi dengan saudara – saudara sekalian. Saya harapkan kedepan kita tetap menjalin Silaturahmi dengan berbagai pihak, dan kita membuka pintu Silaturahmi untuk semua pihak.

“Saya kira media ini menjadi hal yg sangat penting untuk menyongsong Pemilu 2019. Dalam Konteks bagaimana suksesnya Pemilu 2019 hal ini tidak terlepas dari kegiatan yang dilaksanakan pada malam hari ini. Dalam pelaksanaan Pemilu tidak terlepas dari 3 Variabel yakni Penyelenggara Pemilu, Peserta Pemilu dan Pengawas Pemilu. ketiga Variabel ini mempunyai peranan yang sangat penting. Hal – hal yang kemudian menjadi kendala/permasalahan dalam Pelaksanaan Pemilu, itulah yang nantinya kemudian kita bahas pada malam hari ini. Kami di Bawaslu mempunyai Program dalam Pengawasan yakni Pengawasan Partisipan yang melibatkan semua masyarakat dan Stakeholder.” ucap Ahmad Idris, SE

Samsul Bahri Umar,S.Ag juga mengatakan “Dari sejak saya bergelut di FKUB Kab. Halmahera Utara, saya pertama kali menjadi Sekretaris FKUB dan pada saat ini saya menjadi Ketua FKUB. Pada malam hari ini suatu kehormatan bagi saya karena dapat berkumpul dengan teman-teman Pemuda sekalian. Pada saat ini energi kita dikuras habis untuk Pemilu 2019, dimana terdapat Pemilu DPD, Legislatif dan diiukti dengan Pilpres. Kita berupaya untuk menghindari agar Isu SARA tidak menjadi bahan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 nantinya. Pemilu 2019 saya pastikan dapat berjalan dengan aman-aman saja, namun saya takutkan jika ada yang kemudian sengaja mendesain dengan mengembangkan Isu-isu SARA. Pada malam ini dititik titik rawan tertentu kita akan membahas untuk menjadikan Pemilu 2019 yang aman dan Damai. Upaya merawat kerukunan akan menjadi sia-sia jika Fair Play tidak terjadi dalam Pemilu, untuk itu kepada Penyelenggara maupun Pengawas harus benar-benar bekerja dengan baik.”

Materi yang disampaikan diantaranya Dandim 1508 Tobelo yang diwakilkan oleh Kasdim 1508 Tobelo dengan judul “Penguatan Faham nilai-nilai Nasionalisme”. Kapolres Halmahera Utara dengan judul “Peran serta Kepolisian dalam menciptakan Kamtibmas di Masyarakat”. Ketua FKUB Kab. Halmahera Utara dengan judul “Bagaimana merawat keberagaman di Halmahera Utara”. Komisioner Bawaslu Kab. Halmahera Utara dengan judul “Peran Penyelenggara Cipta Pemilu Damai”

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pukul 23.59 wit kegiatan dialog publik selesai dilaksanakan dalam keadaan aman dan tertib.

About Stenly Polres Halut

Check Also

Pertemuan Danki Brimob Kupa-kupa terkait hiba tanah untuk mako Brimob

BAGIKAN INFORMASITweetPOLSEK MALIFUT, POLRES HALMAHERA UTARA – Selasa (04/12/2018) pUkUl 09.35 Wit bertempat di Aula …